Breaking News
Home » Berita » Desiminasi Kebijakan Keimigrasian dan Kekonsuleran kepada Perwakilan Negara dan Organisasi Asing

Desiminasi Kebijakan Keimigrasian dan Kekonsuleran kepada Perwakilan Negara dan Organisasi Asing

Jakarta (28/05/2014), Direktorat Jenderal Imigrasi dan Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri melaksanakan desiminasi kebijakan kepada Perwakilan Asing dan Organisasi Internasioanl yang ada di Indonesia. Bertempat di Flores Room, Hotel Borobudur, Jakarta, desiminasi bertujuan menyeragamkan pemahaman bersama atas kebijakan keimigrasian dan kekonsuleran.

Dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Kementerian Luar Negeri dan Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM serta dihadiri para Duta Besar/Kepala Perwakilan Asing, Korps Diplomatik, Pejabat Perwakilan Organisasi Internasional di Indonesia serta pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Luar Negeri.

Dalam sambutan pembukaanya, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler menyampaikan perkembangan Indonesia khususnya ibu kota Jakarta sebagai diplomatic capital dimana terjadi penambahan pembukaan dan pendirian perwakilan asing dan organisasi internasional yang terus bertambah secara kuantitas.

Beranjak dari fakta tersebut penting untuk dibentuk host country committee sebagai wadah dalam melakukan koordinasi dan konsultasi baik di bidang kekonsuleran maupun keimigrasian. Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler pada kesempatan ini juga meresmikan pembentukan host country committee yang pertama di Indonesia.

Direktur Jenderal Imigrasi dalam pidato pembukaannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan para perwakilan asing untuk berpartisipasi dalam kegiatan desiminasi. Direktur Jenderal Imigrasi menekankan pentingnya kegiatan ini yang bermakna strategis guna mengantisipasi perkembangan global yang kita hadapi bersama khususnya di bidang keimigrasian seperti trans national organized crime, trafficking dan people smuggling serta assylum seeker yang penanganannya tidak hanya terbatas oleh satu negara tetapi melibatkan banyak negara.

Permasalahan keimigrasian saat ini tidak hanya didominasi oleh satu negara tertentu, namun juga, karena sifatnya yang alamiah, keimigrasian akan melibatkan negara. Indonesia karena letak geografisnya yang khas, menempatkan dirinya sebagai satu jalur utama pergerakan manusia khususnya menuju Australia yang memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi dan kesempatan hidup yang lebih layak.

Permasalahan-permasalahan keimigrasian tersebut dapat diatasi jika negara-negara yang berkepentingan duduk bersama guna mencari jalan keluar secara komprehensif dengan mengedepankan prinsip kesetaraan dalam pergaulan internasional.

Kegiatan desiminasi ini merupakan sarana guna mendapatkan pemahaman bersama atas kebijakan kekonsuleran dan keimigrasian yang tidak menutup kemungkinan untuk diadakannya kegiatan lanjutan yang difasilitasi host country committee.

Dalam kegiatan ini selain diskusi panel antara pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler serta pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi juga diselenggarakan one on one clinic antara pejabat tinggi kedua Direktorat tersebut guna menyampaikan kebijakan-kebijakan terkini serta pemecahan masalah yang dihadapi oleh warga negara maupun misi asing di Indonesia. (humas-imigrasi)

Sumber: imigrasi.go.id

Jakarta (28/05/2014), Direktorat Jenderal Imigrasi dan Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri melaksanakan desiminasi kebijakan kepada Perwakilan Asing dan Organisasi Internasioanl yang ada di Indonesia. Bertempat di Flores Room, Hotel Borobudur, Jakarta, desiminasi bertujuan menyeragamkan pemahaman bersama atas kebijakan keimigrasian dan kekonsuleran. Dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Kementerian Luar Negeri dan Direktur Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM serta dihadiri para Duta Besar/Kepala Perwakilan Asing, Korps Diplomatik, Pejabat Perwakilan Organisasi Internasional di Indonesia serta pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Luar Negeri. Dalam sambutan pembukaanya, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler menyampaikan…

Review Overview

User Rating: Be the first one !
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*